2012-01-04

[TUGAS3][PENGANTAR TELEMATIKA]


Tugas 3 Pengantar Telematika
  1. Apa yang dimaksud dengan video streaming dan jelaskan cara kerjanya!
  2. Apa yang dimaksud dengan teleconference dan jelaskan cara kerjanya!
  3. Jelaskan tentang teknologi grafik, animasi, video!
Jawaban ;
  1. Apa yang dimaksud dengan video streaming dan jelaskan cara kerjanya!
Video streaming adalah sebuah aplikasi dimana kita dapat melihat langsung video yang disharing oleh server pada satu halaman web tanpa harus mendownload video tersebut terlebih dahulu.
Cara kerja dari video streaming dibagi menjadi dua, yaitu dari cara kerja pada sisi client dan cara kerja pada sisi server.
- Cara kerja video streaming pada sisi client :
Jika server http://streaming.com mensharing video publik-nya melalui web, maka client yang terhubung kedalam jaringan server tersebut dapat mengakses video tersebut atas izin server streaming.
Pada komputer client, kita hanya perlu membuka web browser seperti firefox untuk mengakses video tersebut dengan cara mengetikkan URL-nya ( http://streaming.com ) pada address box. Maka kita dapat menikmati fasilitas video streaming tersebut dengan melakukan buffer terlebih dahulu terhadap file yang dishare tersebut.
-Cara kerja video streaming pada sisi server :
Pada komputer server bertugas untuk men-sharingkan videonya melalui web agar mudah di akses oleh client tanpa memasukkan nomor IP. Misalkan, kita menyimpan videonya di http://streaming.com , maka di komputer client hanya perlu mengetik URL http://streaming.com dan kita tidak perlu mengetikan nomor IP.


  1. Apa yang dimaksud dengan teleconference dan jelaskan cara kerjanya!

Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi.
Secara harfiah teleconference diartikan konferensi atau rapat jarak jauh, artinya pertemuan jarak jauh antara beberapa orang yang fisiknya berada pada lokasi yang berbeda secara geografis. Diskusi bisa dilakukan secara realtime dan interaktif dengan dukungan infrastruktur jaringan serta perangkat multimedia.
Cara kerja teleconference adalah dengan menggunakan gan voice activation, continuous presence, atau gabungan dari keduanya.
  1. Jelaskan tentang teknologi grafik, animasi, video!
Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Secara garis besar, animasi komputer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
    1. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
    2. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dan lain sebagainya.
Grafik merupakan alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia untuk lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Sering dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyajikan seribu kata. Tapi ini berlaku hanya ketika kita biasa menampilkan gambar yang diinginkan saat kita memerlukannya. Multimedia membatu kita melakukan hal ini, yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks. Secara umum ada lima macam gambar atau grafik yaitu gambar vektor (vector image), gambar bitmap (bitmap image), clip art, digitized picture dan hyperpicture.
Video adalah rekaman gambar hidup atau gambar bergerak yang saling berurutan. Terdapat dua macam video yaitu video analog dan video digital. Video analog dibentuk dari deretan sinyal elektrik (gelombang analog) yang direkam oleh kamera dan dipancarluaskan melalui gelombang udara. Sedangkan video digital dibentuk dari sederetan sinyal digital yang berbentuk yang menggambarkan titik sebagai rangkaian nilai minimum atau maksimum, nilai minimum berarti 0 dan nilai maksimum berarti. Terdapat tiga komponen utama yang membentuk video digital yaitu frame rate, frame size dan data type. Frame rate menggambarkan berapa kali bingkai gambar muncul setiap detiknya, sementara frame size merupakan ukuran fisik sebenarnya dari setiap bingkai gambar dan data type menentukan seberapa banyak perbedaan warna yang dapat muncul pada saat bersamaan.

1 comment:

tulisanpunberceritaaa** said...

maaf sehubungan dengan mata kuliah softskill silahkan dimasukkan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ di blog kalian.terimakasih.